Wednesday, February 27, 2013

Tes DNA Ditolak, Machica Mochtar Akan Sumpah Supletoir

Tes DNA Ditolak, Machica Mochtar Akan Sumpah SupletoirJAKARTA â€" Perjuangan panjang Machica Mochtar untuk mendapat pengakuan status anaknya, Muhammad Iqbal, berbuah manis. Namun, dia harus melakukan sumpah supletoir karena hasil tes DNA anaknya ditolak keluarga Moerdiono.

"Alhamdulillah saya bersyukur, luar biasa, hasilnya 99,999 persen, tinggal 0.1 persen. Karena pembandingnya enggak ada, jadi saya harus sumpah," ungkap Machica ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2013).

Sayang, karena kurang 0,1 persen ini, pihak keluarga almarhum Moerdiono menolak hasilnya. Oleh karena itu, majelis hakim memintanya melakukan sumpah supletoir atau sumpah yang dilakukan oleh penggugat.

Sumpah Supletoir ialah sumpah tambahan yang dilakukan apabila sudah ada bukti permulaan tapi belum bisa meyakinkan kebenaran fakta, karenanya perlu ditambah sumpah. Sumpah tersebut diperlukan untuk dijadikan pegangan bagi hakim dan tambahan bukti persidangan.

"Yang disumpah ibu sendiri sebagai penggugat. Khusus perkara ini perlu, karena biasanya penggunggat enggak boleh disumpah dan bersaksi," tandasnya.

Menurut penyanyi dangdut era 1990-an ini, sumpah tersebut merupakan bentuk pembuktian anaknya memang benar hasil pernikahannya dengan mendiang Moerdiono. Sumpah supletoir nantinya akan dilakukan pada 13 Maret mendatang.(gal)

0 comments:

Post a Comment